Minggu, 02 April 2017

4 skincare murah tapi gak murahan yang harus dimiliki si wajah berminyak

Heeiiiihhh... Apa wajah kalian berminyak? kayak gorengan? bikin bete? eits! jangan kawatir, Lotus kembali hadir untuk menyampaikan tips berfaedah.
Udah baca judulnya kan? yup! Lets talk about it!


1.     Toner


Untuk toner, sekarang Lotus pakai Wardah Pore Tightening Toner. Selain karena Lotus cinta produk dalam negeri, juga karena Wardah Tightening Toner ini kalau dipake bisa kikin wajah adem kaya lantai mushola. Tapi apasih sebenarnya manfaat toner ini? Dermatologist dr. Joel Schlessinger mengatakan,"Tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan,"

Selain itu toner juga bisa mempersiapkan kulit kamu sebelum memakai serum dan perawatan anti-aging. Tujuannya agar kandungan dari bahan-bahan tersebut lebih maksimal terserap ke kulit wajah.

Karena produk toner bertujuan untuk menyerap dan mengontrol seluruh kotoran dan minyak yang ada di dalam pori-pori, toner bukan hanya cocok untuk kulit yang berminyak atau berjerawat. "Kini toner diciptakan dengan kualitas tinggi dan dibuat dengan bahan yang sama dengan produk perawatan wajah lainnya," kata dr. Joel.

Ia menambahkan bahwa beberapa toner bagus untuk merawat kulit berjerawat karena mengandung bahan-bahan yang dapat mengeksfoliasi sel kulit mati seperti amino fruit acid atau glicolyc acid. Ada pula toner yang dibuat untuk jenis kulit sensitif mengandung air khusus yang dapat menenangkan kulit.

Bagaimana cara menggunakan toner dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?
Setelah membersihkan wajah, tuangkan dua atau tiga tetes ke kapas.

"Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah kamu, namun jangan sampai terlalu basah, jangan menggunakan produk dengan boros," ujar dr. Joel.

Usapkan kapas yang telah diberi produk seluruh wajah dan leher. Beri tekanan yang cukup agar dapat mengangkat kotoran yang ada di pori-pori wajah.

Toner sebaiknya tidak terlalu sering digunakan karena dapat mengikis minyak alami pada kulit dan membuat tubuh memproduksi lebih banyak kelenjar minyak untuk melembapkannya. Akibatnya pori-pori tersumbat dan timbul komedo serta jerawat. Idealnya toner cukup digunakan pada pagi dan malam hari, terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

"Gunakan setelah kamu membersihkan wajah, sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum, sebagai perlindungan terhadap kotoran dan minyak," ucap dr. Joel.

Jika kulit cenderung kering, gunakan toner hanya pada malam hari. Tujuannya untuk mengurangi penyumbatan pori-pori.



2.      Sunscreen


Yup, Lotus maih pakai produk dari Wardah. Karena kalian tahu sendiri kalau Lotus cinta produk lokal (cinta barang murah). Jadi untuk sunscreen, lotus pakai Wardah Sunscreen Gel SPF 30.

Karena kita tinggal di daerah tropis, menurut Lotus wajib banget bagi kita buat punya yang namanya sunscreen, sunblock, atau sunlight (eh, gak deng).
Perlu kalian tahu, kalau berbagai gelombang elektromagnetik terkandung dalam cahaya matahari, yang terutama adalah radiasi ultraviolet (UVR) dan infra merah. UVR terbagi menjadi 3, yaitu UVA, UVB dan UVC. Radiasi UVA (95%) dan UVB (5%) mencapai permukaan bumi, sedangkan UVC diserap sempurna oleh lapisan ozon.
Bahaya UVR sudah lama diketahui para ahli. Berbagai kelainan kulit dapat dipicu oleh pajanan UVR. Kelainan kulit dapat terjadi segera (akut), misalnya sunburn (kemerahan terbakar matahari) dan tanning. Dapat pula terjadi perlahan (kronik), misalnya kanker kulit dan photoaging. Sinar matahari bertanggungjawab pada 80% proses penuaan wajah karena faktor luar (ekstrinsik).
Photoaging adalah proses penuaan yang terjadi akibat sinar matahari, berbeda dengan chronological aging (berdasarkan umur/intrinsik). Kulit yang mengalami photoaging menjadi kering, kasar, berkeriput kasar, pigmen bertambah dan tidak merata serta gambaran pembuluh darah berkelok-kelok. Tidak mengherankan bila orang yang sering terpajan UVR berlebihan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.
Salah satu cara menghindari efek buruk sinar matahari adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen atau tabir surya merupakan bahan yang menapis sinar matahari sehingga mengurangi jumlah UVR yang sampai ke permukaan kulit, yang diharapkan mengurangi dampak buruk UVR.
Beberapa jenis sunscreen yang tersedia adalah:
Chemical sunscreen: PABA, cinnamate, avobenzone, dll. Umumnya (tidak semua) hanya menapis UVA atau UVB saja. Sering menimbulkan alergi dan iritasi.
Physical sunscreen: TiO2 dan ZnO. Banyak digunakan akhir-akhir ini, menghalangi UVA dan UVB. Jarang menimbulkan alergi dan iritasi.
Efek kerja sunscreen dipengaruhi oleh kadar SPF (menyatakan lama kerja sunscreen), pengulangan aplikasi dan jumlah/ketebalan sunscreen yang diaplikasikan (penelitian manfaat sunscreen menggunakan 2mg/cm2 kulit).
Jangan pernah lupa, tidak ada satu jenis sunscreenpun yang memberikan perlindungan 100%. Jadi walaupun anda sudah menggunakan sunscreen, bukan berarti bebas bermandikan sinar matahari (sunbathing). Kurangnya pengertian akan masalah ini sering menyebabkan pengguna sunscreen sudah merasa “aman” sehingga kurang melindungi diri terhadap UVR lagi.
Cara terbaik adalah gunakan sunscreen secara benar dan tetap jauhi sinar matahari bila memungkinkan. Bila tidak, photoaging akan terus mengintai anda.
Yang harus diingat:
  • Sunscreen tidak mengurangi efek photoaging yang sudah timbul
  • Pilihlah sunscreen dengan perlindungan luas (UVA dan UVB)
  • Pakailah sunscreen 20-30 menit sebelum terkena sinar matahari
  • Gunakan sunscreen dalam jumlah cukup dan aplikasi ulang bila perlu (sesuai kadar SPF)
  • Jangan memakai sunscreen sebagai ‘trend’ sesaat saja. Gunakan secara teratur dengan konsisten agar bermanfaat
  • Gunakan juga pelindung lain bila perlu misalnya topi lebar, kacamata gelap (sunglasses) maupun pakaian tertutup
·         Bagi yang cenderung berjerawat, pilihlah sunscreen berbahan dasar gel yang kurang komedogenik


3.       Cleanser



Baru-bari ini Lotus pakai Acnes Creamy Wash. Acnes Creamy Wash ini, oke banget buat kamu yang punya wajah berjerawat sekaligus berminyak. Awalnya Lotus Cuma penasaran sama Acnes Creamy Wash, “cocok gak ya diwajah aku?” “kok banyak yang make ya?” “kok murah ya?”. Nah karena pertanyaan yang terakhir itu, akhirnya Lotus memutuskan buat nyoba Acnes Creamy Wash ini. Dan ternyata hasilnya, pas pertama nyoba gak ada reaksi apa-apa, tapi pas kedua, ketiga dan seterusnya, Lotus mulai melihat hasilnya dan ini recommended buat kalian  yang punya tipe kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Sebelum pakai Acnes Creamy Wash Lotus pakai Clean & Clear Essentials Foaming Wash. Selain cocok banget buat kantong, Clean & Clear Esentials Foaming Wash juga cocok buat yang punya kulit berminyak. Tapi kalo buat yang berjerawat kurang tau sih, soalnya jerawat Lotus tetep berkeliaran pakai Clean & Clear Essentials Foaming Wash ini.

4.       Kertas Minyak




Kertas minyak disini, bukan kertas minyak yang dipakai buat bungkus pecel. Kalian pasti udah tahu lah ya. Nah, buat kalian yang punya wajah berminyak wajib punya bungkus pecel. Eh, kertas minyak deng. Dan kalau bepergian jangan lupa dibawa.

Setelah pakai ini, wajah jadi kesat tapi tetap lembut dan jadi kelihatan lebih fresh. Dan meskipun pakai makeup, makeupnya gak luntur. Cara pakainya, cukup ditekan-tekan pelan di wajah, terutama di daerah T wajah. Ingat ya, pakainya bukan digesek-gesek asek, tapi cukup ditekan perlahan saja.

Semoga bermanfaat guys!

Keuntungan memiliki wajah berminyak

1 komentar:

 

Lotus Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang